Jumat, 02 November 2012

Tempat Wisata Di Kawasan Magelang


CANDI BOROBUDUR
Candi Buddha terbesar di dunia yang merupakan salah satu karya “Master Piece” diantara tujuh keajaiban dunia terletak di Desa Borobudur Kecamatan Borobudur + 3 km dari Kota Mungkid (40 km dari Jogjakarta). Kawasan Candi yang dibangun oleh Raja Samaratungga dari Dinasti Syailendra pada abad VIII saat ini telah dikelilingi kawasan taman wisata dengan berbagai daya pesona bagi para pengunjung.
Lokasi Desa Borobudur Kecamatan Borobudur
HTM Mancanegara :
Dewasa Rp. 99.000, Anak-anak : Rp. 54.000
Domestik :
Dewasa : Rp. 9.000, Anak-anak : Rp. 5.000
Fasilitas Musholla, Toilet, Museum, Atraksi Gajah, Kereta, Parkir, Asuransi
CANDI MENDUT
Candi Mendut terletak ± 3 km sebelum Candi Borobudur dari arah Jogjakarta, Candi ini memiliki atap yang berbentuk limas dan di dalamnya terdapat patung buddha yang diapit oleh dua arca.
Lokasi Desa Mendut Kecamatan Mungkid
HTM Mancanegara : Rp. 3.000,-
Domestik : Rp. 1.500,-
Fasilitas Tempat bersantai, Toilet, Parkir

TAMAN REKREASI MENDUT
kripikyuka.com 







Bagi pengunjung Candi Borobudur yang ingin lebih menikmati suasana santainya dapat singgah di Taman Rekreasi Mendut dalam perjalanan pulangnya karena tempat ini terletak di tepi jalan arah Candi Borobudur. Fasilitas taman ini antara lain : kolam renang bertaraf internasional, kolam renang anak-anak, arena bermain, lapangan tenis, musholla, cafetaria dan parkir luas.
Lokasi Kota Mungkid
HTM Dewasa : Rp. 2.500
Anak-anak : Rp. 2.000
Asuransi : Rp. 200
Fasilitas Tempat bersantai, Kolam renang, Lap. Tenis, Toilet, Ruang Bilas, Kantin
TAMAN REKREASI KALIBENING
Obyek wisata Kalibening dapat dijangkau dengan mudah, terletak di jalur Magelang -Semarang tepatnya di Desa Payaman, Kecamatan Secang dan siap menantikan kunjungan anda.
Lokasi Kalibening Desa Payaman Kecamatan Secang
HTM Dewasa : Rp. 3.000
Anak-anak : Rp. 2.000
VIP : Rp. 4.000
Asuransi : Rp. 200
Fasilitas Tempat bersantai, Kolam renang dewasa dan anak-anak, Gazebo, Kolam ikan, Toilet, Lap. Tenis, Tempat bilas, Kantin
TELAGA BLEDER
 
Obyek wisata ini terletak di Desa Ngasinan Kecamatan Grabag di lereng Gunung Andong menyediakan aneka fasilitas rekreasi air. Pengunjung dapat memanjakan kesenangannya akan rekreasi air sambil menikmati sejuknya hawa pegunungan serta panorama alam yang indah.
Lokasi Desa Ngasinan Kec. Grabag
HTM Dewasa : Rp. 3.000
Anak-anak : Rp. 2.000
Asuransi : Rp. 200
Fasilitas Kolam, Gazebo, Toilet, Parkir
SEKAR LANGIT
Obyek wisata berupa air terjun dengan ketinggian ± 25 m yang terletak di Desa Tlogorejo Kecamatan Grabag merupakan tempat yang sangat mengasyikkan bagi kawula muda dengan suguhan panorama alam Gunung Andong dan Telomoyo serta bumi perkemahan yang ditunjang dengan hawa menyegarkan.
Lokasi Desa Tlogorejo Kec. Grabag
HTM -
Fasilitas -
CURUG SILAWE
Air terjun yang terletak di lereng Gunung Sumbing dengan ketinggian ± 50 m terletak di Desa Sutopati Kecamatan Kajoran. Selain dapat menikmati sejuknya hawa pegunungan juga dapat disaksikan panorama indah hamparan hutan pinus.
Lokasi Desa Sutopati Kec. Kajoran
HTM Rp. 2.000
Fasilitas Tempat santai, toilet, Tempat parkir
ARUNG JERAM
Citra-Elo-Rafting Arung Jeram “Citra Elo” merupakan petuaIangan alam/tantangan untuk menghilangkan kejenuhan dalam kehidupan sehari-hari bagi wisatawan dapat melihat pemandangan alam, sungai, sepanjang 12 km. Terletak di Desa Progowati, Kecamatan Mungkid ± 3 km sebelum Candi Borobudur dari arah Jogja.
Lokasi Desa Mendut Desa Blondo Kec. Mungkid dan Candirejo Kec. Borobudur
HT ± Rp. 100.000
Fasilitas Dayung, Pelampung, Perahu karet, Helm, Snack, Musholla, Pemandu, Basecamp, Gazebo, Kamar mandi, toilet
CP : 0293 – 788352
KETEP PASS
ketep Terletak ± 21 km dari Kota Mungkid berada di Desa Ketep, Kecamatan Sawangan jalur SoIo – SeIo – Borobudur. Dari gardu pandang ini wisatawan bisa melihat pemandangan Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, Sindoro, Tidar, Andong dan Pegunungan Menoreh serta hamparan lahan pertanian. Dari tempat ini bisa melihat luncuran awan panas Gunung Merapi. Fasilitas yang dapat ditemui antara lain : areal parkir, kamar mandi / WC, gassebo, vulcano theatre, kipas cenderamata/makanan, museum, mushola.
Lokasi Desa Ketep Kec. Sawangan
Telp. 0293-5579730
HT Gardu Pandang : Rp. 2.000
Volcano Theater : Biasa : Rp. 4.000
Libur : Rp. 5.000
Museum : Rp. 3.000
Asuransi : Rp. 200
Fasilitas Musholla, Toilet, Gazebo, Restoran, Parkir, Asuransi
MUSEUM H. WIDAYAT
http://wisatadanbudaya.blogspot.com/2009/06/museum-h-widayat.html
Terletak di jalur Borobudur Taman Rekreasi Mendut. Museum ini merupakan koleksi lukisan almarhum H. Widayat yang dilengkapi patung-patung dan di belakang gedung dapat dijumpai beberapa tanaman langka.
TAMAN ANGGREK
Terletak di depan Taman Rekreasi Mendut, dilengkapi dengan Iaboratorium pembibitan bunga anggrek, greenhouse, dan dipersiapkan penjualan bunga anggrek, bibit bunga anggrek dan tanaman hias lainnya.
CANDI PAWON
Bangunan suci Budha yang disebut dalam prasasti Karang Tengah 824 M, didukung letaknya yang segaris dengan Candi Mendut dan Borobudur. Terletak di Desa Bronjolan Kecamatan Borobudur.
PEMANDIAN AIR HANGAT CANDI UMBUL
candi umbul Terletak di Dusun Candi Umbul, Desa Kartoharjo , Kecamatan Grabag. Obyek wisata peninggalan Dinasti Syailendra. Sampai saat ini masih dipercaya bisa membuat seseorang tambah cantik bila berendam di tempat tersebut karena airnya mengandung zat Saprophyl.
CANDI SELOGRIYO
candi selogriyo Terletak pada kaki Bukit Condong berbatasan dengan Bukit Giyanti, secara keseluruhan terletak di lereng Bukit Sukorini sebelah timur Gunung Sumbing di Kecamatan Windusari. Merupakan bangunan tunggal, memiliki bentuk tidak berbeda dengan candi-candi Hindu lainnya.



AIR TERJUN KEDUNGKAYANG
http://notesnining.blogspot.com/2009/09/oleh-oleh.html Terletak di Jalur Blabak – Boyolali dengan ketinggian + 40 m di lereng Gunung Merapi tepatnya di desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan + 19 km dari Blabak.
Masih alami dan belum banyak tersentuh, sangat pas untuk menyegarkan mata dan pikiran. Obyek wisata ini dikelola secara swadaya oleh mayarakat.








MAKAM PANGERAN SINGOSARI (KYAI RADEN SANTRI) GUNUNG PRING
Terletak di Bukit Gunung Pring, Kecamatan Muntilan dengan ketinggian 400 meter di atas permukaan laut, satu kilometer selatan Muntilan. Obyek wisata ziarah makam keluarga Pangeran Singosari Mataram keturunan Raja Majapahit putra Ki Ageng Pemanahan Generasi VI Prabu Brawijaya V.
WANA WISATA SAMBAK
Satu kawasan hutan wisata yang dikelola oleh Lembaga Masyarakat Hutan Hijau Lestari di wilayah Desa Sambak Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang, terletak pada ketinggian ± 550 dpl. Berjarak 35 km dari Kota Mungkid. Obyek wisata yang menawarkan daya tarik hutan pinus ini juga cocok untuk kegiatan perkemahan serta out bond.
AGRO WISATA BANYUROTO
Terletak ± 1.5 km dari Ketep Pass. SeIain menawarkan daya tarik agro wisata buah strawberry juga pembuatan biogas serta penerapan tekhnologi pengolahan aneka produk pertanian serta peternakan sapi, yang secara terpadu dibudidayakan oleh kelompok tani Desa Banyuroto. Bagi wisatawan yang berkunjung ke Ketep Pass, lewat jalur Salatiga – Kopeng – Kaponan dapat mengunjungi obyek wisata ini sebelum berwisata ke obyek wisata Ketep Pass.
DESA WISATA CANDIREJO
http://wiwikmargiyati.blogspot.com/2011/01/desa-wisata-candirejo.html Candirejo dikenal sebagai desa dengan konsep pengembangan “Desa Wisata Bermodal Ekowisata” dengan konsep wisata berbasis masyarakat (Community Based Tourism), terletak + 3 km sebelah tenggara warisan budaya dunia Candi Borobudur. Desa wisata Candirejo menawarkan daya tarik wisata alam, wisata agro, wisata seni dan budaya serta wisata pendidikan yang menginginkan para wisatawan menghayati kehidupan sehari-hari masyarakat dengan tinggal bersama di rumah­-rumah penduduk (homestay) dengan tarif murah meriah. Di desa ini juga memiliki bukti peninggalan zaman purba yaitu Danau Purba yang dulunya mengelilingi Candi Borobudur. Sebelum letusan Gunung Merapi yang dapat dilihat di tebing sungai sileng.
PEMANDIAN SOEKOTJO DAN TIRTO KENCONO PISANGAN
Merupakan pemandian yang dikelola oleh 2 Instansi Pemerintah yaitu Akmil serta Pemerintah Kota dan Kabupaten Magelang. Terletak di Dusun Sorobayan, Desa Banyuurip Kecamatan Tegalrejo, ± 15 km dari Kota Mungkid.
AIR TERJUN SELOPROJO
Terletak di Desa Seloprojo Kec. Ngablak berjarak 46 km dari Mungkid. Kesegaran udara serta keindahan panorama air terjun dengan latar belakang hutan pinus serta G. Telomoyo menjadikan obyek wisata ini sebagai pilihan kunjungan kalangan wisatawan remaja, pelajar yang ingin menikmati wisata alam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar