Sabtu, 10 November 2012

Tips Merawat Celana Jins


Siapakah Yang Tidak Mempunyai Celana jeans di masa sekarang ini,dan kebanyakan pasti pernah meraakan sulitnya merawat celana jeans
dan saat ini saya akan memberikan langkah dan cara dalam merawat celana jeans

PENCUCIAN
Jika selama ini Anda rajin mencuci celana jins minimal seminggu sekali, maka pikirkan lagi kebiasaan tersebut. Menurut Direktur Konsep Levi Strauss & Co. Carl Chiara seperti dikutip The Wall Street Journal, bahan jins seharusnya dimasukkan ke mesin cuci setiap enam bulan sekali. Metode mencuci yang dipraktikkannya pun jauh dari biasa.
 Sebaiknya pencucian jangan melalui proses perendaman karena sifat dari pada kain Jeans (Denim) adalah mudah luntur.
Jika pencucian dengan perendaman, hindari air panas dan sebaiknya proses perendaman dengan air dingin yang telah dilarutkan dahulu dengan detergen. Setelah homogen ( merata ) baru kemudian Jeans dimasukkan kedalam air yang sudah mengandung detergen, lama perendaman tidak lebih dari 2 jam.
Hindari pencucian dengan pemutih ( Sodium Hipoclorid ) yang akan mengakibatkan terjadinya bercak-bercak putih pada kain.
Sebaiknya pencucian Jeans ( Denim ) harus terpisah, jangan dicampur dengan pakaian lain yang bukan jeans karena akan mengakibatkan warna pakaian lain menyerap kandungan warna biru sisa air cucian Jeans.
Untuk jenis kain non Denim, ( Corduroy, Permanent Press ) sebaiknya pencucian jangan disikat karena akan mengakibatkan serat menjadi berbulu.
PENGERINGAN
Hindari pengeringan langsung dengan matahari yang akan mengakibatkan warna cepat pudar.
Sebaiknya pengeringan dilakukan dengan cara membalik Jeans terlebih dahulu agar yang terkena sinar matahari adalah bagian dalam Jeans.

PENYETRIKAAN
Jangan melakukan penyetrikaan pada Jeans yang sedang dalam kondisi lembab, karena akan mengakibatkan terjadinya jamur berwarna biru yang akan membuat kain menjadi cepat lapuk.
Suhu pada saat menyetrika Jeans sebaiknya jangan terlalu panas karena akan menyebabkan terjadinya stainning ( bercak-bercak putih ). Suhu yang dianjurkan adalah 60 C.
Untuk Permanent Press tidak dianjurkan dengan suhu diatas 60 C kaena akan mengakibatkan melelehnya Permanent Press. Suhu yang dianjurkan adalah dibawah 40 C.

PENYIMPANAN
Jangan terlalu lama menyimpan Jeans dalam kondisi terlipat karena akan mengakibatkan terbentuknya garis kuning pada batas lipatan.
Menyimpan Jeans sebaiknya dengan cara digantung dengan hanger agar tidak terjadi perubahan warna

asal tau :
Mempertahankan warna
Untuk menjaga supaya warna celana tidak pudar saat dicuci, pastikan mencucinya menggunakan air dingin. Selain itu, balikkan dulu celana (bagian dalam di luar, bagian luar di dalam). Jika kerusakan sudah terjadi, atasi dengan merendam celana jins yang pudar bersama celana jins lain bewarna gelap sehingga warnanya menyatu.

Mencegah penyusutan
Pengunaan mesin pengering pakaian bisa membuat celana jins menyusut dan kehilangan bentuk aslinya. Untuk mencegah hal itu, atur mesin ke pengaturan rendah. Keluarkan celana jins saat kondisinya sudah setengah kering atau lembap, lalu gantungkan agar kering. Tindakan itu berguna untuk mencerah kerutan dan penyusutan ukuran celana
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar